Buku Hamil

Buku Hamil
Buku Cara Cepat Hamil

Tuesday, January 26, 2010

Canggih Belum Tentu Aman

Ruby Alamsyah memang merupakan seorang hali dalam bidang elektronoka yang menurut saya lebuh piawai dari Roy Suryo. sepetrtinya Roy Suryo ini takut terkalahkan namanya oleh Ruby alamsyah.Kecanggihan teknologi transaksi melalui anjungan tunai mandiri (ATM) ternyata masih memiliki celah bagi para pelaku kriminal. Ahli forensik digital Ruby Zukri Alamsyah mengatakan, kartu ATM yang saat ini digunakan memang memiliki kelemahan. Sebab data hanya tersimpan di magnet kartu, jadi data bisa disalin dengan menggunakan skimmer [baca: Skimmer, Perekam PIN Nasabah].

Berdasarkan analisa pihak kepolisian, para pelaku menggunakan beberapa modus dalam menjalankan operasinya. Pertama, memasang skimmer di lubang masuk kartu ATM untuk mengopi data PIN. Lalu bisa pula dengan menggandakan kartu dengan memasukkan data PIN pemilik asli. Setelah itu pelaku atau sindikat melakukan penarikan dana di beberapa lokasi, bahkan di luar negeri dengan kartu yang mudah digandakan.

Modus operandi lainnya, pelaku bisa menggunakan spy camera untuk melihat data PIN. Bisa juga dengan menempelkan stiker bantuan daruat di ATM dengan nomor tertentu untuk dihubungi.

Terkuaknya kasus pembobolan ATM di sejumlah kota di Indonesia, menambah keresahan warga akan keamanan ekonomi mereka. Namun pihak Bank Indonesia berharap masyarakat tidak panik apalagi sampai melakukan penarikan besar-besaran.

No comments:

Post a Comment